Top

Sabtu 27 April 2024

Selamat Datang di Website Pusat Informasi & Koordinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Bungo

PENGARAHAN KETUA GUGUS TUGAS COVID-19 KABUPATEN BUNGO

    Dibaca 1343 kali   COVID-19  TIPS

Bismillaahir-Rahmaanir-Rahiim,
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,Salam sejahtera untuk kita semua,
Yth. Saudara Wakil Bupati Bungo
Yth. Rekan-Rekan Forkompinda Kabupaten Bungo, dan Ketua Pengadilan Negeri Muara Bungo, Serta Ketua Pengadilan
Agama Muara Bungo
Yth. Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda,Kepala OPD terkait di Lingkungan Setda Kabupaten Bungo
Yth. Bapak/Ibu Anggota Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bungo serta hadirin yang
berbahagia.

Mengawali sambutan ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dimana pada hari ini kita masih diberi nikmat kesehatan dan kesempatan untuk hadir di lapangan ini dalam rangka mengikuti Apel Terpadu Gelar Pasukan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan. Selanjutnya marilah kita bershalawat dengan mengucapkan “Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa Muhammad wa ‘ala ali sayyidinaa Muhammad”, semoga dengan selalu bershalawat kepadanya kita mendapat syafa’at di yaumil mahsyar nantinya, aamiin yaa Rabbal Aalamiin.


Bapak/Ibu peserta Apel yang berbahagia,

Apel Terpadu Gelar Pasukan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kabupaten Bungo ini merupakan langkah strategis kita bersama untuk mewujudkan sinergitas antar stakeholder terkait dalam penanggulangan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 COVID-19 di Wilayah Kabupaten Bungo,

dengan tujuan:

1. untuk memastikan kesiapan SDM, peralatan, sarana dan prasarana percepatan penanganan pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di Kabupaten Bungo.
2. agar tindakan yang dilakukan terencana, terkoordinasi, terpadu, dan cepat dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada.
3. mengurangi risiko dampak penyebaran wabah COVID-19 bagi kesehatan masyarakat, psikologis masyarakat, kerugian harta benda, ataupun koban jiwa.

Bapak/Ibu peserta Apel yang berbahagia,Penanganan pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di tengah masyaraka saat ini telah memasuki babak baru dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan untuk memasuki era tata kehidupan baru atau New Normal. Langkah menuju disiplin protokol kesehatan di Kabupaten Bungo dilakukan secara bertahap dimulai dari lingkup ASN/TNI/Polri/BUMD/BUMN/ Dunia Usaha sampai pada masyarakat di dusun-dusun.Kehidupan new normal mensyaratkan berjalannya protokol kesehatan secara disiplin, supaya masyarakat tetap bisa bekerja
produktif namun tanpa risiko penularan COVID-19.

 Protokol kesehatan meliputi:
a. jaga jarak fisik waktu di kantor, transportasi umum,berbelanja, berinteraksi dengan orang lain.
b. menyediakan hand sanitizer di mana-mana.
c. jika deman, batuk, atau pilek agar istirahat di rumah;
d. selalu pakai masker saat di luar rumah.
e. sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
f. langsung mandi saat pulang ke rumah selepas bekerja.
g. tidak kontak fisik saat bertemu dengan orang lain.

Penerapan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kabupaten Bungo untuk tahap awal ini akan difokuskan di area Pasar Atas dan Pasar Bawah Muara Bungo dengan mendirikan 3 Posko terdiri 2 Posko di Pasar Atas dan 1 Posko di Pasar Bawah.

Pada kesempatan ini saya minta kepada:

1. Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bungo agar segera menyiapkan regulasi berupa Peraturan Bupati sebagai landasan hukum bagi Petugas
Operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di lapangan.
2. Kepala OPD / Instansi / BUMD / BUMN / Dunia Usaha menerapkan protokol kesehatan di lingkungan unit kerja masing dengan memberikan sanksi kepada para staf sesuai ketentuan yang beralaku.
3. Petugas Operasi dalam penerapkan kedisiplinan protokol kesehatan ini haruslah bersikap humanis, arif dan bijaksana sehingga timbul rasa simpatik dan kesadaran dari diri warga masyarakat bahwa menerapkan protokol kesehatan akan menyelamatkan dirinya, keluarganya, saudara-saudaranya dan orang lain dari penularan wabah COVID-19.
4. Khusus kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo agar menjadi pelopor yang memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan
baik saat di kantor, aktivitas di luar rumah termasuk saat melaksanakan ibadah di lingkungan tempat tinggal masingmasing.

Bapak/Ibu peserta Apel yang berbahagia,

Selanjutnya, kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID19 Kabupaten Bungo, perlu pula dilakukan kegiatan patroli sewaktu-waktu untuk membubarkan kerumunan warga
masyarakat seperti di taman-taman, tempat tongkrongan muda mudi, kegiatan balap liar di jalan masuk Bandara Muara Bungo.

Melalui Apel Terpadu Gelar Pasukan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan ini, sekali lagi saya berharap kepada semua pihak agar turut serta berkontribusi, memberikan dukungan,perhatian dan berkomitmen dalam upaya percepatan penanganan bencana nonalam penyebaran wabah COVID-19 di Kabupaten Bungo.

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini untuk menjadi perhatian kita bersama. Akhirnya dengan mengucapkan “Bismillaahir-Rahmaanir-Rahiim” Apel Terpadu Gelar Pasukan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Kabupaten Bungo Tahun secara resmi saya nyatakan dimulai.

Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin, Aamiin ya Rabbal Aalamiin.
Wabiillahi taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 

 

BUPATI BUNGO,

 

 


H. MASHURI, S.P., M.E.

Call center

(112)

PROV.JAMBI

081379440594
081366851361

KAB.BUNGO

081274607170